Kamis, 25 Agustus 2011

7 LAYER PADA OSI


1.      Physical Layer
o        Karakteristik dan fungsinya:
Berupa voltase, wire, speed, pin pada kabel.  Bertanggung jawab atas proses data menjadi bit dan mentransfernya melalui media, seperti kabel, menentukan kebutuhan listrik, mekanis, procedural dan fungsional, mempertahankan dan menonaktifkan hubungan fisik antar system.

o        Contoh:
EIA/TIA-232

2.      Data Link Layer
o        Karakteristik dan fungsinya :
Menyediakan link untuk data, memaketkannya menjadi frame yang berhubungan dengan “hardware” kemudian diangkut melalui media. Mengkomunikasikan bit ke bytes frame, memastikan pesan-pesan akan terkirim melalui alat yang sesuai di LAN menggunakan hardware address (MAC).

o        Contoh:
pengiriman data dari ethernet 802.3 menuju ke High-level Data Link Control (HDLC), pengiriman data WAN.


3.      Network Layer
o        Karakteristik dan fungsinya:
Tidak peduli dimana lokasi suatu host berada dan isi paket data dibawa, karena L3 hanya peduli dengan network itu berada dan cara terbaik untuk mencapainya dan menentukan lokasi network, Mengangkut lalu lintas antar peralatan yang tidak terhubung secara lokal, Logical Adressing, Mengirimkan alamat network.

o        Contoh:
IP, IPX

4.      Transport Layer
o        Karakteristikdan fungsinya :
Melalukan segmentasi dan menyatukan kembali data yang tersegmentasi (reassembling) dari upper layer menjadi sebuah arus data yang sama, Menyediakan layanan transportasi data ujung ke ujung, Bertanggung jawab menyediakan mekanisme multiplexing.

o        Contoh:
v      Transmisi Control Protocol (TCP)
v      Name Binding Protocol (NBP)
v      OSI transport protocol


5.      Session Layer
o        Karakteristik dan fungsiny:
menyediakan layanan yang istimewa untuk aplikasi-aplikasi tertentu, Menentukan bagaimana dua terminal menjaga, memelihara dan mengatur koneksi, bagaimana mereka saling berhubungan satu sama lain, control dialog antar peralatan / node,

o        Contoh:
OS  dan penjadwalan suatu aplikasi, SQL


6.      Presentation layer
o        Karakteristik :
Bagaimana data di presentasikan, Type data, enkripsi, visual images, dll. Bertanggung jawab bagaimana data dikonversi dan diformat untuk transfer data.

o        Contoh:
Jpg, data video, teks,audio, gambar, dsb (dengan keanekaragaman ekstensi).

7.      Application Layer
o        Karakteristik dan fungsinya:
Berinteraksi dengan aplikasi perangkat lunak yang menerapkan suatu komponen untuk berkomunikasi. Layer ini bertanggungjawab atas pertukaran informasi antara program komputer, seperti program e-mail, dan service lain yang jalan di jaringan, seperti server printer atau aplikasi komputer lainnya.

o        Contoh
Telnet, HTTP, FTP, WWW Browser



0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Thia 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .