Jumat, 23 September 2011

BELAJAR PHP


I.            Sejarah PHP
Php adalah kependekan  Personal Home Page (Situs Personal). PHP pertama kali dibuat oleh Rasmus Lerdorf pada tahun 1995. Pada waktu itu PHP masih bernama Form Interpreted (FI), yang wujudnya merupakan sekumpulan skrip yang digunakan untuk mengolah data formulir dari web. Selanjutnya Rasmus merilis kode sumber tersebut untuk umum dan menamakannya PHP/FI. Dengan perilisan kode sumber ini menjadi sumber terbuka, maka banyak pemrogram yang tertarik untuk ikut mengembangkan PHP.
Pada November 1997, dirilis PHP/FI 2.0. pada rilis ini interpreter PHP sudah di implementasikan dalam program C. dalam rilis ini disertakan juga modul-modul ekstensi yang meningkatkan kemampuan PHP?FI secara signifikan. Pada tahun 1997, sebuah perusahaan bernama Zend menulis ulang interpreter PHP menjadi lebih bersih, lebih baik, dan lebih cepat. Kemudian pada juni 1998, perusahaan tersebut merilis interpreter baru untuk PHP dan meresmikan rilis tersebut sebagai PHP 3.0 dan singkatan PHP diubah menjadi Hypertext Preprocessing.
Pada pertengahan tahun 1999, Zend merilis  interpreter baru dan rilis tersebut dikenal dengan PHP 4.0 adalah versi PHP yang paling banyak  dipakai pada awal abad ke-21. Versi ini dipakai disebabkan kemampuannya untuk membangun aplikasi web kompleks tetapi tetap memiliki kecepatan dan stabilitas yang tinggi.
Pada juni 2004, Zend merilis PHP 5.0. Dalam versi ini, inti dari interpreter PHP mengalami perubahan besar. Versi ini juga memasukkan modelpemrograman berorientasi objek ke dalam PHP untuk menjawab perkembangan bahasa pemrograman kearah paradigm berorientasi objek.
                                              
II.          Kelebihan PHP Dari Bahasa Pemrograman Lain
Beberapa kelebihan PHP dari bahasa pemrograman web, antara lain:
1.    Bahasa pemrograman PHP adalah sebuah bahasa script yang tidak melakukan sebuah kompilasi dalam penggunaanya.
2.    Web Server yang mendukung PHP dapat ditemukan dimana - mana dari mulai apache, IIS, Lighttpd, hingga Xitami dengan konfigurasi yang relatif mudah.
3.    Dalam sisi pengembangan lebih mudah, karena banyaknya milis - milis dan developer yang siap membantu dalam pengembangan.
4.    Dalam sisi pemahamanan, PHP adalah bahasa scripting yang paling mudah karena memiliki referensi yang banyak.
5.    PHP adalah bahasa open source yang dapat digunakan di berbagai mesin (Linux, Unix, Macintosh, Windows) dan dapat dijalankan secara runtime melalui console serta juga dapat menjalankan perintah-perintah system.

Beberapa system database yang didukung oleh PHP adalah :
·         Oracle
·         Sybase
·         mSql
·         MySql
·         Solid
·         Generic ODBC
·         Postgres Sql

PHP banyak sekali digunakan untuk pengembangan web dinamis, dapat di katakan mayoritas pengembangan web didunia menggunakan PHP, misalnya saja web yang sudah melegenda beberapa tahun belakangan ini, yaitu friendster dan digg. Mengapa mereka menggunakan PHP? Yaa.. tentunya ada didalam keuntungan yang sudah kami sebutkan sebelumnya di atas tadi.
Web dinamis adalah sebuah web yang dapat melalukan update pada contentnya, didalamnya selalu terdapat CMS [Content Management System ] yaitu “ruang kendali” bagi pemilik website untuk melakukan update, biasanya jika ingin masuk ke dalam CMS ini user atau sang pemilik harus memberikan password agar “ruang kendali” bebas dari tangan – tangan yang tidak bertanggung jawab.


III.        Fungsi-fungsi String pada PHP
  1. addslashes(string) = Digunakan untuk menambahkan karakter backslash ( \ ) pada suatu string
  2. stripslashes(string) = Digunakan untuk menghilangkan karakter backslash ( \ ) pada suatu string.
  3. crypt(string,salt) =Digunakan untuk meng-encrypt dengan metode DES suatu string.
  4. strtolower(string) =Digunakan untuk merubah suatu string menjadi huruf kecil (lowercase).
  5. strtoupper(string) =Digunakan untuk merubah suatu string menjadi huruf besar (uppercase).
  6. substr(string,mulai,banyak) =Digunakan untuk mengambil suatu sub string dengan panjang tertentu dari suatu string pada posisi tertentu pula.
  7. ucwords(string) =Digunakan untuk mengganti karakter pertama pada setiap kata dalam suatu string.
  8. ucfirst(string) =Digunakan untuk mengganti karakter pertama pada suatu string menjadi huruf besar.
  9. strlen(string)=Digunakan untuk menghitung jumlah karakter suatu string.


 Referensi:

0 komentar:

Posting Komentar

 
Copyright Thia 2009. Powered by Blogger.Designed by Ezwpthemes .
Converted To Blogger Template by Anshul .